RSS

Arsenal Diimbangi 10 Pemain Barca

31 Mar

London – Arsenal yang sempat tertinggal dua gol akhirnya mampu memaksa Barcelona bermain imbang 2-2. Di akhir laga El Barca bermain dengan 10 orang setelah Carles Puyol dikartumerah.

Dalam laga leg 1 perempatfinal Liga Champions, Kamis (1/4/2010) dinihari WIB itu, Barca unggul lewat dua gol yang disumbangkan Zlatan Ibrahimovic. Namun gol Theo Walcott dan penalti Cesc Fabregas menyelamatkan The Gunners dari kekalahan.

Hasil imbang ini memang menguntungkan Barca yang akan melakoni laga keduanya di Nou Camp pekan depan. Sebab Alzugrana punya tabungan dua gol tandang dan cukup main imbang 0-0/1-1 atau menang, akan membawa mereka ke semifinal.

Sementara itu Arsenal harus membayar mahal perjuangannya ini dengan kehilangan Fabregas di partai keduanya karena akumulasi kartu. Tak hanya itu, Fabregas pun terlihat terpincang-pincang usai mencetak gol dan ada indikasi cedera lututnya kembali kambuh.

Jalannya pertandingan

Baru satu menit laga berjalan, Barca sudah mengancam gawang tuan rumah. Diawali corner, bola mengarah ke Sergio Busquets di kotak penalti dan ia pun lantas melepaskan sepakan mendatar ke arah gawang. Namun, laju bola masih bisa diblok oleh pemain Arsenal.

Masuk di menit ke-5 giliran Lional Messi yang membahayakan gawang Almunia. Aksi individu di depan kotak penalti Arsenal, diakhiri dengan sepakan keras kaki kiri namun kaki Almunia masih mencegah bola masuk.

Dan semenit sesudahnya, Zlatan Ibrahimovic membuang peluang emas. Dani Alves yang bebas di sisi kanan mengirimkan umpan datar ke depan gawang dan Ibra malah mengarahkan bola jauh di atas gawang Arsenal.

Ibra mendapat kesempatan mencetak gol lagi di menit ke-8. Mendapat bola di sisi kiri pertahanan Arsenal, Ibra yang bebas menggiring bola ke kotak penalti dan sambil dibayangi seorang pemain lawan, Ia menyepak bola dengan keras namun masih menyamping.

Di menit ke-13 Barca mendapat empat peluang mencetak gol. Diawali Ibra yang tendangannya di dalam kotak penalti usai mengecoh bek Arsenal masih ditepis Almunia. Dan bola rebound mengarah ke Xavi dan kemudian menyepaknya namun lagi-lagi Almunia masih bisa menepisnya.

Alves giliran yang menguji ketangguhan Almunia namun masih ada pemain Arsenal yang mem-blok bola. Dan terakhir Messi melepaskan sepakan keras yang  masih belum bisa menjebol gawang Almunia.

Arsenal yang ditekan sepanjang 20 menit akhirnya bisa menciptakan peluang pada menit ke-22. Samir Nasri yang mendapat bola di sisi kanan pertahanan Barca melepaskan tembakan kaki kanan melengkung yang masih melebar di sisi kiri gawang Victor Valdes.

Barca memulai ancamannya lagi pada menit ke-32 ketika usaha Messi melepaskan diri dari kawalan pemain Arsenal diakhirnya dengan umpan pendek ke Ibra. Ibra sambil memutar badan melepaskan tembakan kaki kanan yang masih melebar.

Arsenal yang coba menyerang dan menusuk ke pertahanan Barca seringkali gagal karena ketangguhan duet Gerard Pique dan Puyol.

Baru satu menit babak kedua dimulai, Barca akhirnya mampu menjebol gawang Arsenal. Ibra yang mendapat bola di kotak penalti dengan dingin melambungkan bola melewati Almunia dan bersarang di pojok kanan atas.

Pada menit ke-52, umpan silang Gael Clichy menemui Nicklas Bendtner di kotak penalti dan disambut tandukanya. Valdes dengan gemilang menepisnya bola yang datang dari jarak dekat itu.

Barca menggandakan keunggulan pada menit ke-59. Xavi yang memegang bola melihat Ibra bebas kemudian mengumpan kepada rekannya itu. Ibra yang lolos dari jebakan offsidemenusuk ke kotak penalti dan tanpa ampun melepaskan tembakan keras ke pojok kiri atas gawang Almunia.

Walcott pada menit ke-68 memperkecil keadaan jadi 1-2. Kombinasi Nasri dan Bendtner dituntaskan umpan datar ke Walcott yang menusuk ke kotak penalti, kemudian melepaskan tembakan datar yang menembus jala Valdes.

Messi punya peluang pada menit ke-75. Umpan terobosan Xavi menemui Messi di sayap kanan dan Messi langsung berlari menuju kotak penalti untuk melepaskan sepakan ke arah gawang. Tapi bola masih bisa dihadang oleh Almunia.

Pada menit ke-83, Arsenal menyamakan kedudukan. Pelanggaran Puyol kepada Fabregas yang berpeluang mencetak gol berbuah penalti dan Puyol pun harus diusir keluar oleh wasit. Keputusan wasit Massimo Bussaca itu sempat diprotes keras oleh para pemain Barca karena tak sepatutnya Puyol dikartumerah.

Fabregas yang maju sebagai eksekutor sukses menyarangkan bola ke pojok kanan gawang. Skor pun jadi 2-2 dan bertahan hingga akhir laga.

Susunan pemain

Arsenal: 1-Manuel Almunia; 3-Bacary Sagna (14-Theo Walcott 66′), 10-William Gallas (15-Denilson 44′), 5-Thomas Vermaelen, 22-Gael Clichy; 4-Cesc Fabregas, 17-Alex Song, 2-Abou Diaby; 8-Samir Nasri , 52-Nicklas Bendtner, 23-Andrei Arshavin (27-Emmanuel Eboue 27′).

Barcelona: 1-Victor Valdes; 2-Daniel Alves, 5-Carles Puyol, 3-Gerard Pique, 19-Maxwell; 15-Seydou Keita, 16-Sergio Busquets, 6-Xavi; 10-Lionel Messi (18-Gabriel Milito 85′), 9-Zlatan Ibrahimovic (14-Thierry Henry 76′), 17-Pedro ( mrp / nar )

sumber : detiksport.com

 
Comments Off on Arsenal Diimbangi 10 Pemain Barca

Posted by on March 31, 2010 in Sepak Bola

 

Comments are closed.

 
%d bloggers like this: